Animasi tradisional (traditional animation)
adalah kategori animasi yang sudah berumur sangat tua. Disebut tradisional
karena teknik/model animasi inilah yang digunakan untuk pengembangan awal
animasi di media layar kaca (TV) dan layar perak (bioskop). Traditional
animation sering disebut cell animation karena teknik pengerjaannya
dilakukan pada media kertas celluloid transparent yang secara sekilas terlihat
sama dengan kertas transparansi untuk OHP. Celluloid transparent adalah
kertas yang tembus pandang sehingga animator dapat dengan mudah membuat gambar
yang saling berurutan satu sama lain dan dapat menciptakan animasi yang tampak
halus dan mulus pergerakannya.
Animasi tradisional banyak menghasilkan film-film kartun (animasi kartun)
untuk televisi maupun bioskop. Beberapa film kartun produksi Disney (Snow white
and seven dwarf, cinderella, bambi, beauty and the beast, aladin, the lion
king, dan lainnya), produksi Hanna Barbera (The flinstone, tom and jerry, dan
lainnya) menggunakan jenis animasi ini.
Dalam Pengerjaannya Animasi Tradisional Untuk
menciptakan ilusi gerakan, setiap gambar harus sedikit berbeda dari yang
sebelumnya. Caranya dengan menjiplak gambar yang dibuat animator di kertas
transparan yang disebut cels. Kemudian gambarnya diisi dengan cat dalam warna
yang berbeda dan juga warna shading yang beda. Nanti gambar karakter yang sudah
di gambar di cel, di foto satu per satu dalam filem yang latar belakangnya
sudah di cat.
Sekarang ada cara yang lebih gampang dan cepat untuk
menciptakan ilusi gerakan. Gambar animator dan latar belakangnya di scan atau
di gambar langsung ke dalam computer. Nanti ada banyak program yang bisa
digunakan untuk mewarnai gambar dan juga mensimulasikan gerakan kamera dan
efek.
Sebelum berkembangnya teknologi
animasi berbasis komputer, semua animasi tradisional dilakukan menggunakan
tangan.Setiap satu animasi memerlukan sekitar 20 frame dan diperlukan waktu
serta tenaga yang besar untuk menghasilkan sebuah animasi yang lengkap.
Animasi dibuat dari berlembar-lembar
kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar
bergerak.Gambar pertama dipaparkan pada screne. Kemudian gambar
kedua yang mungkin lebih kecil atau berukuran sama dengan gambar pertama
ditumpuk pada gambar pertama. Proses ini diulang beberapa kali, setiap kali
gambar yang baru menunjukkan sedikit perubahan. Sekiranya proses ini
diulang-ulang, ia kelihatannya seperti bergerak.
Terdapat
beberapa teknik yang biasa digunakan untuk membantu di dalam proses pembuatan
animasi secara tradisional, diantaranya :
1.
Keyframes
2.
Animasi Sel
3.
Page Flipping
4.
Onion Skinning
Cara kerja animasi tradisional menggunakan antara lain Papan cerita Rekaman suara, Animatik, Reka bentuk dan pemasaan, Susun atur, Animasi, Latar belakang, Lukis warna dan kamera, Lukis warna digital, Komputer dan kamera video digital.
Case:
Animasi, sebenarnya tidak akan
terwujud tanpa didasari pemahaman mengenai prinsip fundamental kerja mata
manusia atau dikenal dengan nama The
Persistance of Vision. Seperti ditunjukan pada karya seorang
Prancis Paul Roget (1828),
penemu Thaumatrope. Sebuah
alat berbentuk kepingan yang dikaitkan dengan tali pegas diantara kedua
sisinya. Kepingan itu memiliki dua gambar pada sisinya. Satu sisi bergambar
burung, satu sisi lainnya bergambar sangkar burung. Ketika kepingan berputar
maka burung seolah masuk kedalam sangkarnya. Proses ini ditangkap oleh mata
manusia dalam satu waktu, sehingga mengekspose gambar tersebut menjadi gerak.
Sedangkan
pada tahun 1834 ditemukan sebuah alat animasi yang diciptakan pleh Willian
George Horner,yang dinamakan zoetrope. Kegunaan alat ini menggunakan pita
bergambar yang ditempelkan pada bagian tabung, dan apabila tabung diputar maka
gambar akan terlihat seperti bergerak.
Berikut jenis-jenis animasi tradisional.
ANIMASI FLASH
Salah satu jenis akhir animasi
komputer adalah Flash animasi. Animasi Flash diberi nama untuk program
Flash dari Adobe yang mereka diproduksi, meskipun saat ini ada program lain
yang juga memungkinkan animator untuk menciptakan “flash”
animasi. Meskipun keterbatasan dalam hal gerakan dan gaya, Flash murah
untuk memproduksi dan karena itu semakin meningkat popularitasnya. Animasi
Flash sering digunakan dalam iklan dan umum sebagai konten video di situs
Web.
Animasi flash menggunakan vektor untuk menghasilkan gerakan. Ini berarti bahwa daripada mengandung obyek di setiap negara sebagai bergerak antara titik, program ini hanya menyimpan informasi yang relevan tentang karakteristik dari obyek itu sendiri dan kemudian menghasilkan sebuah rumus matematika yang menggambarkan gerakannya. Proses ini berguna untuk membuat animasi komputer bila ukuran file menjadi masalah, seperti dalam distribusi Web atau ketika menghidupkan pada komputer pribadi.
Animasi flash menggunakan vektor untuk menghasilkan gerakan. Ini berarti bahwa daripada mengandung obyek di setiap negara sebagai bergerak antara titik, program ini hanya menyimpan informasi yang relevan tentang karakteristik dari obyek itu sendiri dan kemudian menghasilkan sebuah rumus matematika yang menggambarkan gerakannya. Proses ini berguna untuk membuat animasi komputer bila ukuran file menjadi masalah, seperti dalam distribusi Web atau ketika menghidupkan pada komputer pribadi.
MOTION
CAPTURE
Motion capture adalah jenis animasi
komputer yang telah memperoleh banyak minat dalam beberapa tahun
terakhir. Ini bergantung pada sensor kecil yang ditempatkan pada pelaku di
berbagai titik di sekitar tubuh mereka. Para aktor melakukan dan gerakan
mereka ditangkap oleh kamera yang dapat menemukan sensor dan melacak gerakan
mereka. Gerakan ini kemudian dapat ditransfer ke komputer-tokoh yang
dirancang akan bergerak dengan cara yang persis sama seperti aktor
lakukan.
Motion capture signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara tradisional pembuatan film metode dan teknologi baru. Gerak menangkap pertunjukan sering dibahas dalam hal realisme mereka atau emosi, seperti live-action pertunjukan akan. Beberapa contoh dari motion capture termasuk Gollum di “Lord of the Rings” film, versi 2005 dari “King” dan seluruh pemain tahun 2007 “Beowulf.”
Motion capture signifikan bagi yang menjembatani kesenjangan antara tradisional pembuatan film metode dan teknologi baru. Gerak menangkap pertunjukan sering dibahas dalam hal realisme mereka atau emosi, seperti live-action pertunjukan akan. Beberapa contoh dari motion capture termasuk Gollum di “Lord of the Rings” film, versi 2005 dari “King” dan seluruh pemain tahun 2007 “Beowulf.”
CGI
COMPOSITING.
Animasi komputer juga digunakan di
tempat teknik yang lebih tua dari film animasi. Sejak hari-hari awal
bioskop, unsur-unsur animasi telah ditambahkan ke gambar
difoto. Unsur-unsur lain, seperti model atau latar belakang dicat, juga
digunakan dan harus susah payah dipasangkan dengan rekaman
live-action. Ini melibatkan proses optik panjang di mana berbagai elemen
yang kembali difoto beberapa kali agar dapat composited bersama menjadi satu
gambar. Karena kompleksitas proses, efek khusus yang mahal dan jarang
digunakan dalam jumlah besar oleh semua tapi film yang paling tinggi
dibiayai.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau animasi sepotong. Komputer compositing animasi bahkan fungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
Komputer citra yang dihasilkan mengubah semua itu, yang memungkinkan pembuat film untuk menggunakan layar biru atau hijau untuk memilih bagian dari film yang nantinya dapat dengan mudah dihilangkan dengan komputer dan diganti dengan gambar dari sumber lain, baik foto atau animasi sepotong. Komputer compositing animasi bahkan fungsi di banyak konsumen tingkat program video editing.
KOMPUTER
ASSIST.
Beberapa contoh pertama dari animasi
komputer komersial secara tradisional ditarik urutan animasi yang menggunakan
bantuan komputer. Ini bisa dalam bentuk komputer memproduksi
“di-perantara” atau gambar yang menghubungkan dua input yang sama gambar oleh
seniman (sehingga memungkinkan seniman untuk menggambar gambar individu lebih
sedikit). Komputer animasi dibantu pertama kali digunakan dalam sebuah
film animasi di “The Mouse Detective Besar” Disney pada tahun 1986. Sebuah
adegan dalam film berlangsung dalam jam, dan roda gigi mekanik kompleks benar-benar
diberikan dalam komputer sebagai kawat-frame grafis sebelum dipindahkan ke sel,
di mana mereka bersatu dengan unsur-unsur lain dari TKP. Teknik yang sama
digunakan oleh Disney dalam film kemudian seperti “Beauty and the Beast”
(1991), “Pocahontas” (1995) dan “Tarzan” (1999) untuk mereproduksi halus, gerak
yang kompleks dalam gaya, tradisional dua dimensi animasi.
GERAK
KONTROL DAN SCRIPT.
Animasi komputer yang paling modern
menggunakan sistem kendali gerak yang animator memanipulasi untuk membuat
sebuah objek, dan kemudian memindahkan obyek yang melalui serangkaian
pose. Ini menghasilkan gerakan yang akan menghasilkan gambar bergerak
akhir. Animasi gerak pertama kontrol dilakukan dengan sistem scripting
seperti ASAS (Aktor Script Sistem Animasi). Dalam skenario ini, animator
adalah seorang programmer komputer yang menulis kode dalam bahasa komputer
untuk menghasilkan sebuah objek dan memberikan gerakan obyek itu. Sebagai
animasi komputer berkembang, sistem yang lebih interaktif dikembangkan untuk
memungkinkan animator untuk berinteraksi dengan gambar dan benda-benda melalui
antarmuka yang lebih abstrak. Kode sekarang ditulis secara otomatis,
berdasarkan masukan yang animator membuat menggunakan antarmuka visual dan
memanipulasi subjek dengan mouse, keyboard atau perangkat input lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar